Nama : Agus Rahmat Hidayat
NIM : 1401020006
Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT
Mata Kuliah : Jaringan Komputer
STMIK primakara
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
NIM : 1401020006
Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT
Mata Kuliah : Jaringan Komputer
STMIK primakara
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Contoh : LAN,WAN,MAN,Internet
Application Layer
Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface
antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan
yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol Application
Layer digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan
pada source dan host tujuan.
Contoh : Mozilla Firefox, Email, Facebook, Internet
Explorer.
Cloud Computing
Cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan
software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui
jaringan (biasanya internet). Asal kata “cloud” diambil dari penggunaan
simbol berbentuk awan yang sering digunakan sebagai abstraksi
penggambaran infrastruktur kompleks yang dikandungnya dalam sebuah
sistem.
Contoh : Yahoo, Gmail.
Wireless Sensor Network
Wireless sensor network atau disingkat dengan WSN adalah suatu
peralatan sistem embedded yang di dalamnya terdapat satu atau lebih
sensor dan dilengkapi dengan peralatan sistem komunikasi. Sensor di sini
digunakan untuk menangkap informasi sesuai dengan karakteristik.
Contoh : Wifi,
Infrared, Bluetooth.
Over The Top
Over The Top adalah Layanan konten berupa
data,informasi yang berjalan melalui jaringan internet.
Contoh : Google, Facebook, Twitter.
Peer To Peer
Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama)
resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain.
pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem
terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai
client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan
pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
Contoh : Bluetooth.
Transport Layer
Transport Layer adalah lapisan yang bertanggung jawab untuk menyediakan layanan-layanan
yang dapat diandalkan kepada protokol-protokol yang terletak di atasnya.
Contoh : Jika ingin login
untuk membuka account gmail melalui google cukup dengan mengetikkan kata kunci email
otomatis kata kunci tersebut akan ditambahkan http ataupun www di depannya dan
secara langsung akan keluar tampilan login untuk masuk ke account gmail lalu
inputkan email dan password gmail jika sudah terdaftar maka anda bisa masuk ke
account gmail.
Network Layer
Network
Layer merupakan
layer yang bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang
harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data
pada layer ini berbentuk paket.
.Contoh : TCP/IP
Data Link Layer
Data link layer adalah lapisan kedua dari
bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang
berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh
lapisan fisik. Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi
data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah
wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area
network (LAN) yang sama.
Contoh : NIC/LAN Card.
Physical Layer
Physical Layer adalah layer terbawah dari layer OSI
model dari jaringan komputer.
Lapisan ini berhubungan dengan masalah listrik, prosedural, mengaktifkan, menjaga, danmenonaktifkan hubungan fisik. Lapisan ini juga berhubungan dengan tingkatan karakter
voltase, waktu perubahan voltase, jarak maksimal transmisi, konektor fisik, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan fisik.
Contoh : Hub.
Quality
of Service
Quality of Service (QoS) didefinisikan sebagai suatu pengukuran tentang
seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan
karakteristik dan sifat dari suatu layanan. Pada jaringan berbasis IP,
IP QoS mengacu pada performansi dari paket -paket IP yang lewat melalui
satu atau lebih jaringan. QoS didesain untuk membantu end user menjadi
lebih produktif dengan memastikan bahwa end user mendapatkan performansi
yang handal dari aplikasiaplikasi berbasis jaringan. QoS mengacu pada
kemampuan jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada trafik
jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda-beda.
Contoh : Streaming Youtube.
Network
Security
Network Security makin penting saat makin banyak data
yang ditransmisikan melalui Internet. Saat user menggunakan Internet, dia mengharapkan
kerahasiaan dan integritas data. Juga kemampuan untuk mengenali pengirim pesan,
dan membuktikan bahwa pesan tersebut dikirim oleh pengirim tertentu, bahkan
jika si pengirim menyangkalnya. Network security (keamanan jaringan data)
terdiri atas beberapa kondisi yaitu :.
1.
Privacy
(privasi)
Yaitu pengirim dan penerima membutuhkan kerahasiaan. Data yang dikirimkan hanya akan terkirim dan dimengerti oleh penerima, bukan yang lain.
Yaitu pengirim dan penerima membutuhkan kerahasiaan. Data yang dikirimkan hanya akan terkirim dan dimengerti oleh penerima, bukan yang lain.
2.
Authentification
(otentifikasi)
Yaitu penerima yakin akan identitas pengirim dan bukan penipu yang mengirimkan pesan tersebut.
Yaitu penerima yakin akan identitas pengirim dan bukan penipu yang mengirimkan pesan tersebut.
3.
Integrity
(integritas)
Data harus sampai di penerima sama persis seperti saat ia dikirimkan. Tidak boleh ada perubahan data dalam pengiriman.
Data harus sampai di penerima sama persis seperti saat ia dikirimkan. Tidak boleh ada perubahan data dalam pengiriman.
4.
Nonrepudiation
Yaitu penerima harus dapat membuktikan bahwa pesan yang diterima datang dari pengirim tertentu. Si pengirim tidak bisa menyangkal pesan yang dikirimkannya.
Yaitu penerima harus dapat membuktikan bahwa pesan yang diterima datang dari pengirim tertentu. Si pengirim tidak bisa menyangkal pesan yang dikirimkannya.
Contoh : Anti Virus.